Asal-Usul dari Candi Borobudur di Indonesia



Asslammualakum Wr.Wb

Catatan Manz kali ini adalah membahas tentang Asal-Usul dari Candi Borobudur di Indonesia. Di Indonesia ada bangunan raksasa yang masih banyak sekali misteri belum bisa di terpecahkan. Yaitu Candi Borobudur.

Menurut sejarah Candi Borobudur dibangun oleh Raja Smaratungga salah satu raja kerajaan Mataram kuno dari dinasti Syailendra pada abad ke-8. Menurut seorang legenda Candi Borobudur dibangun oleh seorang arsitek yang bernama Gunadharma, namun kebenaran berita tersebut secara hirtoris belum diketahui secara pasti.

Kalau kita lihat dari kejauhan, Borobudur akan tampak seperti susunan bangunan berundak atau semacam piramida dan sebuah stupa. Tetapi berbeda dengan piramida raksasa di Mesir dan Piramida Teotihuacan di Meksiko Candi Borobudur merupakan versi lain bangunan piramida. Piramida dari candi Borobudur juga berupa kepunden berundak yang tidak akan ditemukan di daerah dan negara manapun.

Sedangkan ketika dilihat dari udara, bentuk dari Candi Borobudur itupun mirip dengan teratai. Teratai memang sebuah salah satu dari simbol-simbol yang bisa dipakai dalam penghormatan (puja) dari agama Buddha itu sendiri, melambangkan kesucian, mengingatkan umat Buddha untuk senantiasa menjaga pikiran dan hati tetap bersih meski berada di lingkungan yang tidak bersih.

Tahun 1930-an W.O.J. Nieuwenkamp pernah memberikan khayalan ilmiah terhadap Candi Borobudur. Didukung oleh seorang penelitian geologi, Nieuwenkamp mengatakan bahwa Candi Borobudur bukannya dimaksud sebagai bangunan stupa melainkan sebagai bunga teratai yang mengapung di atas danau. Danau yang sekarang ini sudah kering sama sekali, dulu meliputi dari sebagian besar daerah dataran Kedu yang terhampar di sekitar bukit Borobudur. Foto dari udara daerah Kedu memang banyak memberi kesan adanya danau yang amat luas di sekeliling Candi Borobudur.

Menurut kitab-kitab kuno, sebuah candi didirikan di sekitar tempat bercengkeramanya beberpa dewa. Puncak dan lereng bukit, daerah kegiatan gunung berapi, dan dataran tinggi di sana, tepian sungai dan danau, dan pertemuan dua sungai juga sudah dianggap menjadi lokasi yang baik untuk pendirian sebuah candi.

Sekain artikel tentang Asal Usul dari Candi Borobudur di Indonesia, semoga bermanfaat bagi kalian semuah amin.

Wassalamualaikum Wr,Wb
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
HUHUY
admin
13 September 2016 at 16:48 ×

Jadi pengen ke candi borobudur lagi :g

Congrats bro HUHUY you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment