Beberapa Transportasi Tradisional Yang Ada Di Indonesia

Assalammualaikum Wr,Wb

 Catatan Manz™ Kali ini Akan Membahas tentang Transportasi Tradisional yang ada di Indonesia. Seiring dengan berkembangnya zaman transportasi tradisional di Indonesia mulai tidak diminati oleh masyarakat Indonesia. Dan masyarakat Indonesia lebih banyak mengunakan tansportasi yang sangat sudah Canggih seperti kereta api, dan Busway. Lebih cepat dan lebih murah lagi pas banget bagi masyarakat umum di Indonesia.Tetapi masih banyak juga kok masyarakat umum Indonesia yang masih mengunakan Transportasi Tradisional Indonesia seperti :

1 . Becak
 


   Becak adalah Transportasi Tradisional yang beroda tiga dan Becak juga  masih banyak peminatnya karna biayanya masih murah!!

2. Andong/Delman

  Andong/Delman adalah Transportasi ini menggunakan Kuda sebagai penggeraknya. Nama kendaraan ini berasal suatu nama penemunya, yaitu Charles Theodore Deeleman dia adalah seorang litografer dan insinyur pada zaman dulu atau pada zama Hindia Belanda. Andong atau delman masih sangat mudah di temui di Kota" besar Indonesia seperti kota Jakarta,Bandung,Jogja.dan lain lain.

3.Pedati

Pedati adalah sebuah kendaraan atau alat yang memiliki dua atau empat buah roda yang digunakan sebagai sarana transportasi mengangkut orang atau barang. Pedati dapat ditarik juga oleh hewan seperti kuda, sapi, kambing,dan zebu. Pedati umumnya ada di wilayah pedesaan indonesia.

4. Cidomo


Cidomo atau kadang disebut Cimodok adalah alat transportasi tenaga kuda khas dari pulau Lombok, secara kasap mata kendaraan ini mirip dengan delman atau andong yang terdapat di pulau Jawa. Perbedaan utamanya dengan delman atau andong adalah alih-alih menggunakan roda kayu sedangkan cidomo menggunakan roda mobil bekas sebagai rodanya. Sampai saat ini juga alat transportasi ini masih menjadi sarana utama bagi daerah-daerah yang tidak dijangkau oleh angkutan publik dan daerah-daerah sentra ekonomi rakyat seperti pasar.

5 .Ojek Sepedah

Ojek sepeda, adalah primadona transportasi indonesia sejak 1970 an. Dahulu transportasi ini satu ini digunakan sebagai alat transportasi utama, tapi mulai di era milenium seperti saat ini mulai dilupakan. Untuk saat ini juga transportasi yang unik sudah sangat jarang ditemukan mungkin dapat di nikmati di sekitar Terminal Tanjung Priuk atau di perempatan Stasiun KA Jakarta Kota (Beos) serta kawasan gang-gang sempit di indonesia.

Sekian artikel tentang beberapa tranportasi tradisional Indonesia semoga sajaa bermanfaat bagi kalain semuah amin. Apabila kalain punya kritik dan Saran silahkan saja komen di kolom komentar. Kritik dan Saran dari kalain semuah membuat saya lebih baik.

Waalaikumsalam Wr,Wb
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment