Arti kata Jomblo dan Jones




Assalammualaikum Wr.Wb

Catatan Manz kali ini adalah membahas tentang kata Jomblo dan Jones. Jomblo merupakan bahasa percakapan atau prokem yang sering digunakan untuk orang yang tidak punya pasangan. Sobat Catatan Manz pasti dong sering menjumpai kata Jomblo di acara-acara reality show di televisi. Namun kalia salah dalam bentuk penulisan dan maknanya. Kata Jomblo tidak akan bisa kita jumpai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia manapun. Yang ada adalah hanyalah kata Jomlo buka Jomblo.

Kata jomlo sebenarnya juga berasal dari bahasa Sunda yang sudah dibakukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia dan memiliki arti negatif. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Jomlo arti gadis tua. Makna kata Jomlo merujuk pada seorang wanita yang sudah tua umurnya tetapi belum juga menikah atau memiliki pasangan.

Namun penggunaan kata Jomlo kini mengalami perluasan makna. Yaitu perubahan makna dari kata yang khusus atau sempit menjadi makna yang lebih umum atau luas. Dan kata Jomlo juga tidak hanya digunakan untuk seorang perempuan saja, kata Jomlo juga bisa digunakan untuk laki-laki.

Hal ini juga umum terjadi dalam bahasa, karena sifat bahasa ini juga yang dinamis. Contohnya kata ibu, awalnya, ibu hanya digunakan untuk orang tua wanita kandung, sekarang kata ibu dapat digunakan untuk menyebutkan wanita yang lebih tua umurnya atau kedudukannya dari kita. Selain kata ibu, masih banyak sekali kata-kata dalam bahasa Indonesia yang mengalami perluasan makna seperti kata saudara, petani, putra,putri,dll. Hal ini lah yang terjadi dengan kata jomlo. Makna kata Jomlo mengalami perluasan makna, sehingga banyak dari kalian semuah bisa menyandang kata ini.

Sedang kan kata Jones adalah kependekan dari Jomblo Ngenes/Jomlo Ngenes. Tetapi banyak sekali yang salah mengartikan dan menyebutkan menjadi Jomblo Is Happines. Dan biasanya banyak orang yang menyebutkan jones itu menjadi Jomblo Is Happines atau juga  lebih ngenes di banding Jones.

Sekian artikel tentang Arti kata Jomblo/Jomlo dan Jones. Semoga artikel ini menambah pengetahuan kalain. Dan apa bila ada keritik dan saran dari kalain semuah silahkan di komentar saja, kritik dan saran dari kalain semuah membuat saya menjadi lebih baik.

Wassalammualaikum Wr.Wb


Previous
Next Post »
Thanks for your comment